(Ngocol) Demam Korea




Hari gini semua pada demen banget ama Korea, istilahnya tu Demam Korea. Panas dingin dah kalau nonton pelm-pelm korea. Apa lagi artis-artisnya yang “hadeeeh,,, super imuuuut n cakeeeep bengeeet!!” Menurut gue daya tarik utama pelm Korea emang artisnya yang ‘hadeeeh’, terus dramanya juga ngedrama banget, bikin bapeeer, sampe gue yang kagak tahu pelm Korea dibilang kuper. Suprit deh, gue malu banget tuh.

Jadi gini ni ceritanya, suatu ketika gue heran banget sama temen sekamar gue waktu di asrama dulu. Hobi banget mantengin leptop pake earphone, sambil ketawa n nangis hampir bersamaan, sumpah,  autis beut tu orang. Karena heran, gue tanya deh lagi nonton apah? Dia jawab ‘nonton Korea, mb Tety udah nonton?’ gue jawab ‘belum’, dia terkejut ‘masa sih belum nonton?!!!!’ serius dia kaget benget gue kagak tahu apa-apa tentang Korea. Keterkejutannya itu sangat mendeskriminasi gue, seolah-olah bilang ‘Helooo.. hari gini belum nonton Korea, kemana aje loe?’ Well, akhirnya gue diajak nonton deh…

Awalnya gue ketawa-ketawa dan serius nonton tu pelm, tapi lama-lama gue bosen. 16 episode bro, gila loe… lama bangeeet, gue udahin aja, capek! Tapi temen gue masih asik aja nonton tu pelm sampe ending. Gue si ogaah!

Beberapa hari kemudian. Gue n salah satu temen pergi ke rumah temen gue di Jawa Tengah. Kami berdua menyengajakan diri buat ke rumah temen gue karena mau perpisahan sementara sama doi. Sampe di rumahnya, semua berjalan lancaar. Alhamdulillah. Kami cerita ngalor ngidul melepas rindu (sebentar lagi kami mau ditinggal pergi). Salah satu temen gue nyeletuk n tanya apa gue n temen gue (yang satunya lagi) pernah nonton (doi nyebut salah satu judul pelm korea). Busssst!! Secepat kilat temen gue yang satunya lagi ni, menyerobot pertanyaan yang dilontarkan temen gue, padahal belum selesai tu pertanyaan. Serobotan itupun ditanggapi meriah oleh temen gue yang satunya lagi. Kemudian mereka saling sahut-sahutan dengan senangnya. Gue Cuma cengo’. Kagak paham. Sadar, temennya roaming, temen gue langsung tanya ‘loe udah nonton kan Tet?’, ha!! Gue tambah cengo’ gue bilang belum. Serius mereka langsung memasang muka melas, ‘oh.. pity you’. Ya mereka bilang gitu. Untuk kedua kalinya gue merasa kolot dan kuno banget gara-gara belum nonton pelm Korea. Serius, pulang dari sini, gue bakalan nonton tu pelm, huh!

Gara-gara demam Korea ini, orang kayak gue yang g nonton ni berasa kuno banget dah, ketinggalan jaman gitu. Hiksss.. Yang bikin gue tambah terkejut saat gue nemuin sebuah komentar yang isinya nunjukin kalau dia bangga banget udah nonton pelm Gumiho. Serius, ini komentar bukan dari orang sembarangan, ini ustad cuy (panggilan kami buat mahasiswa yang ilmu agamanya udah lumayan lah di kampus). Bah, demam Korea pula ni ustad! Kedua, gue punya temen yang maniak banget sama gerakan kampus. Suka orator. Dramatis banget kalau bicarain tentang pergerakan-pergerakan mahasiswa. Buku-bukunya banyak tentang perjuangan (jangan tanya perjuangan siapa, gue juga kagak tahu), pokoknya dia aktivis banget lah. Suatu hari, gue samperin kerumahanya, bles bles bles, urusan gue kelar, gue tanya ‘ada acara apa lagi setelah ini?’, tebak jawaban apa yang doi lontarkan?!!! Bener! Nonton Korea. “Serius loe suka nonton Korea” dijawab dengan bangga ‘iya lah, udah nonton (dia nyebutin salah satu judul pelm, map gue kadang short term memory, alias kelupaan)’.  Gue Cuma senyum meringis.

Yang ini agak konyol. Suatu ketika ada temen yang curhat ke gue. Doi tanya pendapat gue. Jadi temen gue itu, sebut saja Mawar, nyimpen poto-poto artis-artis Korea di ponselnya, terus ketahuan sama adik-adik yang sering ia larang buat nonton pelm Korea. Loe tahu kan rasanya kayak apa? Gue cuma gigit jari dan ngeri. Pada saat itu gue bilang, ‘y gpp nonton film Korea, asal jangan baper, War’. ‘Kadang-kadang udah dijaga, tapi tetep aja baper’ gitu jawabnya. Iya juga. G mungkin kalau pelm Korea tu g bikin baper. Kalau g baper g bakalan sebooming ini deh. Wes lah, artisnya T.O.P, jalan ceritanya juga roman-roman gimana gitu, settingnya luar negeri, pas banget dah ni pelm booming di Indonesia. God!! Semua orang udah deman Korea. Serius ini pelm dasyat banget.

Gue bertanya-tanya, kapan y ngodoj (nge- one day one juz) bisa sebooming ini. Dulu pernah booming si, tapi kagak sebooming pelm Korea bro. Ustad aja bisa demam Korea, masa’ preman kagak bisa demam odoj? Well, emang jalan ke Surga itu g mudah dilewati. Ngodoj itu capek, g tahu artinya lagi karena udah kecapean so males baca terjemahannya. Beda banget kalau nonton pelm Korea yang asyiik! liat artisnya bening-bening, pelmnya juga bawa perasaan banget.
Sebenernya, gue khawatir. Itu ustad serius nonton pelm Korea? Artis ceweknya aja kalau pakai baju pendek-pendek gila. Itu ustad kalau lihat cewek g pakai kerudung aja astagfirullah, tapi nonton Korea, ustad sehat tad? Gue juga khawatir kalau kebanyakan nonton Korea, bisa jadi ikut kebiasaan mereka tanpa disadari. Gue pernah ke kontrakan akhwat, yang kalau diluar subhanallah deh, pakaiannya itu lho, muslimah bangueet! Tapi pas di kontrakan, mama toloooong!!! Enggaaa bengeeet deeeeh!! Pantessss! Setiap hari tontonannya pelm Korea sih. Doi mungkin g sadar, karena dia suka, dia biasa liat, dia anggap biasa aja. Doi bilang ‘biarin aja, toh g ada yang liat ini’. Helooo, gue dari tadi g merem cuy… Weleh-weleh.

Kebiasaan g baik kalau udah nonton pelm Korea, gue jamin addict banget. Susah dah mau pause, apalagi stop. Baah, lupa tuh makan, minum, belajar, yang parah, lupa sholat, lupa ngaji, lupa ibadah. Repot dah kalau udah begini… huhu.. Satu lagi ni, yang bikin gue khawatir. Gue khawatir sama para jomblo ngenes yang belum punya istri atau suami, nontonya pelm korea yang bikin baper ini, pengen banget cepet nikah. Gue takut, niatnya cuma buat ngelampiasin nafsu doang. Selebihnya kagak dipikir keberlanjutan bahkan visi dan misi menikah ke depannya. Kalau nemuin orang yang kayak gini, ke laut aja deh gue!!

Bukan berarti gue ngelarang nonton pelm Korea yak (emang siapa gue, MUI aja kagak ngelarang, masa’ gue ngelarang-ngelarang). Gue tahu, anak masa kini, kalau dilarang malah dilakuin. Amannya, gue g ngelarang, tapi kita sama-sama tahu kan bahayanya, jadi kembalikan pada diri masing-masing, mau ketiban bahaya g? Kalau gue si kagak mau.. ekekeke

Sebelum gue sudahi tulisan ini, gue mita maaf benget buat penggemar Korea, bukan maksud gue ngejelek-jelekin hobby loe. Sumprit, gue kagak ada maksud kesitu. Gue tahu pelm Korea itu dramatis banget, gue juga udah nonton. Karena gue udah nonton itu, makannya gue berani nulis, mudah-mudahan ke depannya g ada yang bernasib sama seperti gue. Gue g bermaksud menyudutkan pelm Korea, karena gue akui g cuma pelm Korea yang bisa bikin addict, misalnya pelm India juga. Tapi sekali lagi karena gue pernahnya keseringan nonton pelm Korea, makannya gue harepin banget ke depannya g ada yang bernasib sama seperti gue. Sekali lagi gue minta maaf buat para penggemar pelm Korea, gue nyampein ini buat saling ngingetin. 

Gue bukan orang baik, emang hina banget gue udah menggunjing artis Korea, gue g lebih baik dari mereka, iya gitu… maaf yaa.. Kalau loe fans fanatic dan g rela walaupun gue udah minta map tapi tetep ngedarin tulisan ini, g usah jauh-jauh ke rumah gue, mending kita diskusiin di sini aja.
Thank u yang udah baca celotehan gue… semoga bermanfaat…! ^_^



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Puisi untuk Anak Jalanan